Pedoman Pengaduan

DUGAAN PELANGGARAN YANG DILAKUKAN OLEH HAKIM DAN PEGAWAI

A. Sumber Pengaduan :

  1. Dari masyarakat :
    • Para pencari keadilan;
    • Pengacara;
    • Lembaga bantuan hukum;
    • Lembaga swadaya masyarakat;
    • Dewan perwakilan rakyat;
    • Sekretariat kepresidenan dan wakil presiden;
    • Kantor menteri pendayagunaan aparatur negara;
    • Komisi pemberantasan korupsi;
    • Komisi hukum nasional;
    • Komisi ombudsman nasional;
    • Komisi yudisial;
    • Dan lain-lain.
  2. Pengaduan dari internal lembaga pengadilan. Pengaduan ini ditujukan terhadap aparat lembaga peradilan, yang diajukan oleh warga lembaga peradilan sendiri (termasuk keluarganya).
  3. Laporan kedinasan, ini merupakan laporan resmi dari pimpinan lembaga peradilan mengenai aparat pengadilan yang dipimpinnya.
  4. Informasi dari :
    • Instansi lain;
    • Media massa;
    • Isu yang berkembang.

B. Pengaduan ditujukan kepada lembaga peradilan;

  • Pengaduan ditujukan kepada Kepala Urusan Umum dengan mengatasnamakan pimpinan  dalam hal  ini Ketua atau Wakil Ketua pada Pengadilan Tingkat Pertama atau Pengadilan Tingkat Banding dimana Terlapor bertugas;
  • Ketua atau Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, atau Ketua Muda Pengawasan dengan tembusan kepada Kepala Badan Pengawasan;

C. Proses penanganan pengaduan;

  1. Pencatatan;
  2. Penelaahan;
  3. Penyaluran;
  4. Pembentukan Tim Pemeriksa;
  5. Survey pendahuluan;
  6. Menyusun rencana pemeriksaan;
  7. Pelaksanaan pemeriksaan.